Jumat, 31 Maret 2023

Haruskah Anda Menghilangkan Teman Buruk dari Hidup Anda atau Belajar Mengelola Batasan Pribadi dengan Lebih Baik?

 Haruskah Anda Menghilangkan Teman Buruk dari Hidup Anda atau Belajar Mengelola Batasan Pribadi dengan Lebih Baik?

Ketika Anda mulai tumbuh dan berubah selama bertahun-tahun, Anda pasti akan menemukan orang-orang tertentu yang akan memberikan pengaruh negatif pada Anda. Mereka memiliki harga diri yang rendah dan mereka akan, seringkali tanpa disadari bahkan secara sadar - mencoba untuk menjatuhkan Anda. Bukan karena mereka orang jahat. Itu hanya mekanisme perlindungan bawah sadar. Jika Anda menjadi 'terlalu baik' maka mereka takut Anda akan memandang rendah mereka.

Jenis persahabatan yang khas di mana hal ini mungkin menjadi pertanyaan bagi Anda adalah ketika interaksinya bersifat parasit. Mereka mendapatkan lebih banyak dari persahabatan daripada Anda. Tampaknya logis untuk hanya 'memotong mereka' tetapi melakukannya tidak sesederhana itu. Sebagai permulaan, kebanyakan orang kurang percaya diri pada kemampuan mereka untuk cukup asertif untuk langsung memberi tahu orang tersebut bahwa mereka ingin mengakhiri persahabatan. Jadi mereka melakukannya dengan cara yang tidak membantu CreativEvent.id. Salah satu caranya adalah dengan menjebak orang lain untuk memposisikan diri Anda sebagai korban. Dengan begitu Anda memiliki 'alasan' untuk marah kepada mereka dan dapat menggunakannya sebagai alasan daripada menghadapi kebenaran. Hal lain yang dilakukan banyak orang adalah berhenti menjawab panggilan atau membalas pesan dan berharap parasit itu menerima pesan itu dan pergi.

Bagaimanapun juga, akan ada perasaan bersalah yang mendasarinya yang akan membuat proses ini menjadi sulit. Dan mungkin untuk alasan yang bagus. Kenyataannya adalah bahwa Anda mungkin bermain dalam hubungan parasit setidaknya sedikit. Jadi rasa bersalah itu muncul dari fakta bahwa Anda tahu bahwa Anda lebih bertanggung jawab daripada yang Anda rasa nyaman untuk mengakuinya. Jika Anda mengakui bagian Anda maka Anda berisiko terlihat seperti orang jahat yang baru saja menggunakan persahabatan mereka pada saat Anda merasa nyaman dan sekarang Anda tidak membutuhkan mereka lagi, Anda hanya meninggalkan mereka.

Jadi langkah pertama adalah menghadapi kenyataan yang tidak menyenangkan bahwa bagian dari ini ada benarnya. Tapi itu tidak berarti Anda sepenuhnya buruk. Itu hanya membuat Anda menjadi manusia. Kita semua melakukan ini saat kita mendambakan penerimaan dan hubungan dari orang-orang tanpa rasa percaya diri untuk melakukannya dengan cara yang menciptakan batasan yang sehat. Jadi, Anda dapat meninggalkan parasit jika mau, tetapi tetap penting untuk mempelajari batasan yang lebih sehat untuk persahabatan di masa mendatang. Tidak apa-apa membuat kesalahan tetapi mengulanginya tidak membantu.

Realitas tidak nyaman lainnya yang perlu Anda hadapi untuk tumbuh dari pengalaman adalah menerima bahwa interaksi parasit mereka dengan Anda hanyalah sebagian dari alasan Anda ingin memutuskan hubungan mereka. Yang lainnya adalah bahwa ada kemungkinan yang sangat nyata bahwa mereka mengingatkan Anda pada bagian-bagian yang tidak Anda sukai dari diri Anda. Jadi, penting untuk mengetahui bahwa keputusan Anda untuk menghentikan mereka bukanlah untuk menghukum mereka, tetapi untuk membantu Anda berkembang. Namun pelajaran yang perlu Anda pelajari adalah bahwa jika Anda tidak berupaya menumbuhkan harga diri Anda sendiri, Anda hanya akan mengulangi siklus yang sama dengan teman-teman lain.

Jika Anda merasa terlalu bersalah karena memotongnya sepenuhnya, ada cara lain. Dan itu untuk mengubah cara Anda berinteraksi dengan mereka.

Katakanlah Anda memiliki seorang teman yang di permukaan, berpura-pura mengutamakan kepentingan Anda. Tetapi Anda mulai menyadari bahwa beberapa komentar tidak langsung mereka sebenarnya adalah penghinaan halus untuk membuat Anda kecewa. Ini mungkin akan terasa canggung sekali, tetapi tidak ada alasan nyata untuk menghentikan Anda mengucapkan kata-kata yang berdampak pada:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar